https://agriwiralodra.unwir.ac.id/index.php/agriwiralodra/issue/feedAgri Wiralodra2024-09-29T16:06:40+00:00Arsy Nur Fadilaharsy.nurfadilah@unwir.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Agri Wiralodra merupakan media komunikasi, informasi, edukasi, dan pembahasan masalah - masalah yang berkaitan dengan agribisnis. Tujuan dari penerbitan jurnal ini adalah meningkatkan kualitas kecerdasan penulis, mahasiswa dan landasan pengambilan keputusan.</p> <p> </p>https://agriwiralodra.unwir.ac.id/index.php/agriwiralodra/article/view/66Strategi Pengembangan Pada Bintang Bakery2023-07-17T02:13:21+00:00Ardhya Yosheta Rahmaardhyayosheta07@gmail.com<p>Penelitian ini dilakukan pada usaha Bakery di Bintang Bakery Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui posisi Bintang Bakery jika diidentifikasi menggunakan matriks analisis SWOT; (2) Mengetahui prioritas strategi pengembangan yang tepat dalam pengembangan usaha Bintang Bakery. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan latar belakang informan yang memiliki pengetahuan mengenai Bintang Bakery dan berusia 17 tahun keatas. Berdasarkan hasil penelitian, nilai analisis matriks IFAS dan EFAS yaitu 1,032 dan 0,485 sehingga dapat diketahui posisi Bintang Bakery berada pada kuadran I. Strategi yang diterapkan pada kuadran ini yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dan menghasilkan 8 strategi pada analisis matriks SWOT. Data dianalisis menggunakan matriks QSPM untuk mengetahui urutan prioritas strategi. Hasil analisis matriks QSPM didapatkan prioritas strategi pengembangan pada Bintang Bakery yaitu meningkatkan mutu produk dengan melakukan inovasi pada jenis, tekstur, rasa, dan kemasan roti dengan nilai TAS sebesar 5,203.</p>2024-09-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Agri Wiralodrahttps://agriwiralodra.unwir.ac.id/index.php/agriwiralodra/article/view/72Pengukuran Kinerja Kelompok Tani Komoditas Padi Di Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan Menggunakan Metode Balanced Scorecard2023-09-19T20:15:01+00:00Muhammad Iqroiqro.muhammadiqro@gmail.com<p>Kelompok tani merupakan organisasi petani yang selalu dikaitkan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat terutama di pedesaan. Pemberdayaan kelompok tani bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga tani. Pemerdayaan dengan berbagai bentuk intervensi program dilakukan untuk meningkatkan kelompok tani baik dari segi usaha dan kelembagaan. Pengukuran kinerja perlu dilakukan untuk melihat status kinerja kelompok tani tersebut dengan menggunakan metode balanced scorecard. Pengukuran kinerja ini bertujuan mengidentifikasi kriteria/ atribut kinerja kelompok tani komoditas padi, mengukur kinerja kelompok tani komoditas padi, dan menganalisis langkah perbaikan untuk peningkatan kinerja kelompok tani komoditas padi. Pengukuran kinerja kelompok tani dengan empat perspektif pada balanced score card memberikan hasil bahwa kesemua kelompok tani berstatus kinerja “cukup” dengan nilai yang beragam antara 0,15 sampai dengan 0,51. Analisis langkah perbaikan dengan fishbone analisis menunjukan strategi yang dapat diterapkan yaitu pendampingan yang intens, membentuk dan meningkatkan kegiatan simpan pinjam kelompok, mendorong kelompok untuk membentuk atau menggunakan layanan unit pelayanan jasa alsintan, literasi keuangan, dan mendorong pertanian organic, dan membentuk kemitraan agribisnis.</p>2024-09-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Agri Wiralodrahttps://agriwiralodra.unwir.ac.id/index.php/agriwiralodra/article/view/65Analisis Usahatani Cabai Merah Besar Menggunakan Mulsa Plastik Hitam Perak Pada Petani Mitra Binamitra Usahatani Hortikultura Multiagro Makmur2023-06-12T05:32:28+00:00Cindy Arlinda Mayasaricindyarlinda8@gmail.comMuhammad Daniel Thoriqmuhammaddaniel1933@gmail.comMuhammad Ferdo Muarifferdomu12@gmail.comDjoko Soejonocindyarlinda8@gmail.comRachmat Udhi Praboworachmatudhi@unej.ac.id<p>Subsektor hortikultura merupakan salah satu subsektor yang penting di Indonesia. Berdasarkan BPS (2021), tanaman hortikultura menjadi salah satu kontributor terbesar pada pendapatan nasional khususnya di sektor pertanian setelah perkebunan. Cabai merah besar (<em>Capsium annum </em>L.) merupakan komoditas hortikultura dengan produksi tertinggi dan terus dibudidayakan di berbagai wilayah Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi. Mulsa plastik hitam perak pada usahatani cabai merah besar digunakan sebagai alternatif meningkatkan produksi. Analisis ini digunakan untuk mengetahui besar keuntungan serta kelayakan usahatani untuk terus dijalankan. Manfaat lainnya yaitu untuk mengetahui komponen biaya yang masih dapat ditekan untuk mengurangi biaya produksi tanpa mengurangi hasil atau jumlah produksi. Kegiatan dilaksanakan pada Binamitra Usahatani Hortikultura Multiagro Makmur yang berlokasi di Dusun Cangkring Baru, Desa Cangkring, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan meliputi kegiatan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis dilakukan dengan melakukan perhitungan B/C serta R/C Ratio. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan usahatani yang dilakukan pada petani cabai merah besar mitra bersifat menguntungkan dan layak untuk dijalankan.</p>2024-09-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Agri Wiralodrahttps://agriwiralodra.unwir.ac.id/index.php/agriwiralodra/article/view/96Strategi Pengembangan Mangga Agrimania Sebagai Komoditas Buah Unggulan Baru di Kabupaten Indramayu2024-09-29T13:17:26+00:00Supriyadi Supriyadisupri.yadi@unwir.ac.idTeguh Iman Santosoteguhimansantoso@gmail.comKarto Kartokarto@unwir.ac.id<p>Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta strategi yang tepat dalam pengembangan mangga Agrimania sebagai komoditi buah baru unggulan di Kabupaten Indramayu. Metode penelitian menggunakan survey, desain penelitian menggunakan survey deskriptif. Analisis data penelitian menggunakan analisis SWOT.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian, faktor kekuatan meliputi a) agroklimat Kabupaten Indramayu sangat cocok untuk pengembangan budidaya tanaman mangga Agrimania: b) mangga Agrimania merupakan mangga unggulan yang memiliki rasa yang manis; c) harga mangga Agrimania mahal; d) lahan yang luas untuk mengembangkan mangga Agrimania; e) produktivitas mangga Agrimania cukup tinggi; f) penerapan GAP (<em>Good Agriculture Practise</em>) dalam proses budidaya; g) bibit mangga Agrimania tersedia; h) mangga Agrimania telah diakui sebagai mangga lokal oleh Pemerintah. Faktor kelemahan, meliputi a) mangga Agrimani belum banyak dikenal masyarakat; b) sumberdaya manusia yang masih terbatas dalam pengelolaan; c) mangga Agrimania masih rentan terhadap cuaca; d) produk mangga Agrimania memiliki sifat mudah rusak; e) kesesuaian lahan di Kabupaten Indramayu berbeda-beda; f) belum didukung oleh lembaga penelitian. Faktor peluang meliputi: a) permintaan pasar yang sangat terbuka di daerah maupun luar daerah; b) adanya dukungan dari pemerintah daerah; c) adanya dukungan dari pemerintah pusat; d). Adanya gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah; e) mangga merupakan salah satu buah tropis favorit; f) adanya teknologi budidaya tanaman mangga; g) daya beli masyarakat yang akan terus meningkat; h) jaringan pemasaran digital yang luas. Faktor ancaman yaitu: a) preferensi konsumen yang beranekaragam; b) konsumen lebih memilih mangga yang lebih murah; c) buah mangga rentan terhadap cuaca; d) masuknya mangga luar negeri di pasar local; e) tuntutan sertifikasi buah.</p> <p>Strategi pengembangan mangga Agrimania sebagai komoditi buah baru unggulan di Kabupaten Indramayu yaitu mempertahankan pasar yang ada dengan mengembangkan mangga agrimania untuk memenuhi pasar buah lokal maupun pasar luar negeri dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Sehingga strategi pengembangan mangga agrimania adalah menggunakan strategi S-O.</p> <p> </p>2024-09-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Agri Wiralodrahttps://agriwiralodra.unwir.ac.id/index.php/agriwiralodra/article/view/100Respon Generasi Zilenial dan Milenial Terhadap Minat Pembelian Minuman Serbuk Kulit Mangga2024-09-29T14:17:32+00:00Arsy Nur Fadilaharsy.nurfadilah@unwir.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat pembelian generasi Zilenial dan Milenial terhadap produk minuman serbuk kulit mangga. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang dengan rentang usia 17-25 tahun yang diambil secara aksidental siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental dan survei dimana responden mencoba langsung konsumsi produk serbuk kulit mangga dan mengisi kuesioner yang telah disediakan. Analisis data digunakan untuk mengidentifikasi minat pembelian minuman serbuk kulit mangga meliputi sebagai berikut: 1) Keinginan untuk mencaritahu informasi mendalam tentang produk minuman serbuk kulit mangga. 2) Keinginan untuk membeli produk minuman serbuk kulit mangga. 3) Keinginan memilih produk minuman serbuk kulit mangga dibanding produk sejenisnya. 4) Keinginan untuk merekomendasikan serbuk kulit mangga kepada kerabat dan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan Sebesar 66% responden setuju untuk mencari informasi lebih tentang produk , Sebesar 66,7% responden setuju untuk membeli produk. . Sebesar 50,0% responden setuju untuk memilih produk dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. , Sebesar 56,7% responden setuju untuk merekomendasikan produk kepada kerabatdan keluarga. Minuman serbuk kulit mangga dianggap sangat menarik , sangat unik dan memiliki nilai ramah lingkungan dan dapat mengangkat pangan lokal serta memiliki rasa yang dapat diterima oleh lidah. Dengan adanya penelitian ini menunjukan bahwa minuman serbuk kulit mangga memiliki pasar yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.</p> <p> </p>2024-09-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Agri Wiralodra