Tingkat Adopsi Digital Marketing dan Hubungannya dengan Keberhasilan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Olahan Mangga di Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v15i1.61Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat adopsi digital marketing dan hubungannya terhadap keberhasilan kegiatan usaha UMKM olahan mangga di Kabupaten Indramayu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey deskriptif. Metoda analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriftif kualitatif, dengan menggunakan skala likert. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dua analisis yaitu analis tingkat adopsi dan analisis korelasi rank spearman yang ditujukan untuk mengukur keeratan hubungan antara adopsi digital marketing dengan keberhasilan usaha UMKM olahan mangga. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) tingkat adopsi digital marketing UMKM olahan mangga di Kabupaten Indramayu dikategorikan sedang; 2) terdapat hubungan yang erat antara adopsi digital mahketing dengan keberhasilan usaha UMKM.