Faktor Sosio-Demografis yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Minat Konsumen Usaha Bakeri dalam Penggunaan Green Packaging
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v17i2.128Keywords:
minat; green packaging, konsumen; bakeriAbstract
Dampak lingkungan yang disebabkan oleh timbulan sampah plastik menyebabkan kekhawatiran serius. Usaha bakeri masih menggunakan plastik sebagai kemasan dari produk yang diusahakannya. timbulan sampah akibat dari kemasan plastik produk bakeri diproyeksikan mencapai ±2,27 ton per tahun. Penggunaan green packaging merupakan solusi dari permasalahan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik akibat dari kemasan. Peningkatan penggunaan green packaging dapat dicapai dengan diawali peningkatan minat. Diduga faktor sosio-demografis yaitu jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan frekuensi pembelian produk dapat mempengaruhi minat konsumen. Responden terdiri dari 100 orang konsumen usaha bakeri di Kecamatan Indramayu melalui teknik pengambilan sampel systematic random sampling. Pengujian tingkat minat konsumen menggunakan skala likert dan analisis regresi logistik multinominal digunakan untuk pengujian hipotesis untuk melihat pengaruh dari masing-masing variabel terhadap variabel respon berupa kategorik yang bersifat dichotomus lebih dari dua. Hasil temuan yang diperoleh adalah tingkat minat konsumen dalam penggunaan green packaging termasuk pada kategori tinggi, Secara bersama-sama, paling tidak ada satu variabel jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, dan frekuensi pembelian yang berpengaruh pada tingkat minat konsumen dalam penggunaan green packaging. Pengaruh variabel secara parsial, pada tingkat minat yang rendah variabel usia 45 sampai dengan 54 Tahun, dan frekuensi pembelian produk 2-3 hari sekali berpengaruh signifikan pada tingkat minat konsumen dalam penggunaan green packaging. Pada kategori minat sedang tidak ada variabel yang berpengaruh signifikan. Sedangkan pada kategori minat tinggi dipengaruhi secara signifikan oleh variabel usia 25 sampai dengan 34 Tahun, Pendapatan Rp 4.800.001 sampai dengan Rp 7.200.000, dan frekuensi pembelian produk 2-3 kali sebulan.
The environmental impact caused by the generation of plastic waste is a cause for serious concern. The bakery business still uses plastic as the packaging for the products it produces. waste generation as a result of plastic packaging for bakery products is projected to reach ±2.27 tons per year. The use of green packaging is a solution to the problem of environmental pollution caused by plastic waste resulting from packaging. Increasing the use of green packaging can be achieved by starting with increased interest. Allegedly the factors of gender, age, education, occupation, income, and the frequency of product purchases can affect consumer interest. Respondents consisted of 100 bakery business consumers in Indramayu Subdistrict through a systematic random sampling technique. Testing the level of consumer interest using a Likert scale and multinominal logistic regression analysis is used for testing the hypothesis to see the effect of each variable on the response variable in the form of a categorical dichotomous which is more than two. The findings obtained are that the level of consumer interest in the use of green packaging is included in the high category. Taken together, there is at least one variable: gender, age, education, employment, income, and purchase frequency that affect the level of consumer interest in using green. packaging. The effect of variables partially, at a low level of interest, is the variable age 45 to 54 years, and the frequency of product purchases once every 2-3 days has a significant effect on the level of consumer interest in using green packaging. In the medium interest category there are no variables that have a significant effect. Whereas in the high interest category it is significantly influenced by the age variable 25 to 34 years, income of IDR 4,800,001 to IDR 7,200,000, and the frequency of product purchases 2-3 times a month.







