Respon Generasi Zilenial dan Milenial Terhadap Minat Pembelian Minuman Serbuk Kulit Mangga
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v16i2.100Keywords:
Minuman Serbuk Kulit Mangga, Minat Pembelian, Generasi Zilenial dan MilenialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat pembelian generasi Zilenial dan Milenial terhadap produk minuman serbuk kulit mangga. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang dengan rentang usia 17-25 tahun yang diambil secara aksidental siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental dan survei dimana responden mencoba langsung konsumsi produk serbuk kulit mangga dan mengisi kuesioner yang telah disediakan. Analisis data digunakan untuk mengidentifikasi minat pembelian minuman serbuk kulit mangga meliputi sebagai berikut: 1) Keinginan untuk mencaritahu informasi mendalam tentang produk minuman serbuk kulit mangga. 2) Keinginan untuk membeli produk minuman serbuk kulit mangga. 3) Keinginan memilih produk minuman serbuk kulit mangga dibanding produk sejenisnya. 4) Keinginan untuk merekomendasikan serbuk kulit mangga kepada kerabat dan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan Sebesar 66% responden setuju untuk mencari informasi lebih tentang produk , Sebesar 66,7% responden setuju untuk membeli produk. . Sebesar 50,0% responden setuju untuk memilih produk dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. , Sebesar 56,7% responden setuju untuk merekomendasikan produk kepada kerabatdan keluarga. Minuman serbuk kulit mangga dianggap sangat menarik , sangat unik dan memiliki nilai ramah lingkungan dan dapat mengangkat pangan lokal serta memiliki rasa yang dapat diterima oleh lidah. Dengan adanya penelitian ini menunjukan bahwa minuman serbuk kulit mangga memiliki pasar yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.