Efisiensi Pemasaran Gabah Kering Giling (GKG) IR 64 di Kabupaten Indramayu Tahun 2018-2021
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v17i1.115Keywords:
marketing efficiency, price transmission elasticity, market integration, perfect competition market, asymmetric informationAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya elastisitas transmisi harga dan efisiensi pemasaran gabah kering giling IR 64 di Kabupaten Indramayu tahun2018-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif menggunakan harga bulanan di tingkat produsen dan di tingkat konsumen yang berasal dari badan pusat statistik Jawa Barat. Dengan pendekatan ekonometrika diperoleh nilai elastisitas transmisinya adalah trasnsmisi harga sebesar 0,947 artinya Et kurang dari 1 yang berarti terjadi perubahan harga yaitu sebesar 1% menunjukkan persentase kenaikan harga di tingkat konsumen lebih rendah dibandingkan tingkat produsen, dan perubahan harga sebesar 1% di tingkat konsumen akan mengakibatkan perubahan harga di tingkat produsen sebesar 0,947%. sehingga dapat disimpulkan bahwa pemasaran gabah kering giling IR 64 dikabupaten Indramayu tidak efisien.