EFISIENSI PEMASARAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.) DI KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v12i2.27Keywords:
Terung Ungu, Efisiensi, Pemasaran, Pasar, ElastisitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai elastisitas transmisi harga terung ungu di Kabupaten Indramayu; (2) Efisiensi pemasaran terung ungu di Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode subject matter research dan menggunakan desain deskriptif. Penelitian ini menggunakan model ekonometrika dengan data time-series harga bulanan produsen dan konsumen dari bulan Januari 2013 sampai Desember tahun 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai elastisitas transmisi harga sebesar 0,970. Et kurang dari 1 yang berarti perubahan harga sebesar 1% di tingkat konsumen akan mengakibatkan perubahan harga di tingkat produsen sebesar 0,970%. Nilai elastisitas transmisi harga terung ungu tidak sama dengan 1 (satu). Maka pemasaran terung ungu di Kabupaten Indramayu dikatakan tidak efisien, karena nilai Et kurang dari 1 dan keadaan pasar tidak mencerminkan pasar persaingan sempurna.