EFISIENSI PEMASARAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.) DI KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Mochammad Putra Jagad Samudra Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Wiralodra
  • Juri Juswadi Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Wiralodra
  • Fadhillah Laila Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v12i2.27

Keywords:

Terung Ungu, Efisiensi, Pemasaran, Pasar, Elastisitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai elastisitas transmisi harga terung ungu di Kabupaten Indramayu; (2) Efisiensi pemasaran terung ungu di Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode subject matter research dan menggunakan desain deskriptif. Penelitian ini menggunakan model ekonometrika dengan data time-series harga bulanan produsen dan konsumen dari bulan Januari 2013 sampai Desember tahun 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai elastisitas transmisi harga sebesar 0,970. Et kurang dari 1 yang berarti perubahan harga sebesar 1% di tingkat konsumen akan mengakibatkan perubahan harga di tingkat produsen sebesar 0,970%. Nilai elastisitas transmisi harga terung ungu tidak sama dengan 1 (satu). Maka pemasaran terung ungu di Kabupaten Indramayu dikatakan tidak efisien, karena nilai Et kurang dari 1 dan keadaan pasar tidak mencerminkan pasar persaingan sempurna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Samudra, M. P. J. ., Juswadi, J. ., & Laila, F. . (2020). EFISIENSI PEMASARAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L.) DI KABUPATEN INDRAMAYU . Agri Wiralodra, 12(2), 62–71. https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v12i2.27