Pengaruh Pemasaran Tropicana Slim Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian
Pengaruh Pemasaran Tropicana Slim Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v17i1.117Keywords:
instagram; Keputusan pembelian; pemasaran; media sosialAbstract
Pemasaran media sosial merupakan salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh Tropicana Slim. Instagram merupakan platform yang banyak digunakan sebagai media promosi oleh para pelaku usaha. Produk yang telah diunggah mampu membujuk keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemasaran media sosial melalui Instagram terhadap keputusan pembelian pada tropicana slim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian sebanyak 63.100 dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Variabel independen (X) adalah social media marketing yang terdiri dari entertaintment, customization, Interaction, eWOM, dan trendiness. Variabel dependen (Y) adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, eWOM dan trendiness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan entertainment, customisation, dan interaction tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.