Strategi Pengembangan Mangga Agrimania Sebagai Komoditas Buah Unggulan Baru di Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v16i2.96Keywords:
agrimania, SWOT analysis, development strategy, superior fruit commoditiesAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta strategi yang tepat dalam pengembangan mangga Agrimania sebagai komoditi buah baru unggulan di Kabupaten Indramayu. Metode penelitian menggunakan survey, desain penelitian menggunakan survey deskriptif. Analisis data penelitian menggunakan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian, faktor kekuatan meliputi a) agroklimat Kabupaten Indramayu sangat cocok untuk pengembangan budidaya tanaman mangga Agrimania: b) mangga Agrimania merupakan mangga unggulan yang memiliki rasa yang manis; c) harga mangga Agrimania mahal; d) lahan yang luas untuk mengembangkan mangga Agrimania; e) produktivitas mangga Agrimania cukup tinggi; f) penerapan GAP (Good Agriculture Practise) dalam proses budidaya; g) bibit mangga Agrimania tersedia; h) mangga Agrimania telah diakui sebagai mangga lokal oleh Pemerintah. Faktor kelemahan, meliputi a) mangga Agrimani belum banyak dikenal masyarakat; b) sumberdaya manusia yang masih terbatas dalam pengelolaan; c) mangga Agrimania masih rentan terhadap cuaca; d) produk mangga Agrimania memiliki sifat mudah rusak; e) kesesuaian lahan di Kabupaten Indramayu berbeda-beda; f) belum didukung oleh lembaga penelitian. Faktor peluang meliputi: a) permintaan pasar yang sangat terbuka di daerah maupun luar daerah; b) adanya dukungan dari pemerintah daerah; c) adanya dukungan dari pemerintah pusat; d). Adanya gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah; e) mangga merupakan salah satu buah tropis favorit; f) adanya teknologi budidaya tanaman mangga; g) daya beli masyarakat yang akan terus meningkat; h) jaringan pemasaran digital yang luas. Faktor ancaman yaitu: a) preferensi konsumen yang beranekaragam; b) konsumen lebih memilih mangga yang lebih murah; c) buah mangga rentan terhadap cuaca; d) masuknya mangga luar negeri di pasar local; e) tuntutan sertifikasi buah.
Strategi pengembangan mangga Agrimania sebagai komoditi buah baru unggulan di Kabupaten Indramayu yaitu mempertahankan pasar yang ada dengan mengembangkan mangga agrimania untuk memenuhi pasar buah lokal maupun pasar luar negeri dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Sehingga strategi pengembangan mangga agrimania adalah menggunakan strategi S-O.