Strategi Pemasaran Beras (Oryza sativa, L.) Organik Pada Kelompok Tani Sri Makmur III di Desa Krasak Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu

Authors

  • Ikha Subikha Program Studi Agribisnis Universitas Wiralodra
  • Teguh Iman Santoso Program Studi Agribisnis Universitas Wiralodra
  • Karto Karto Program Studi Agribisnis Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v14i1.45

Keywords:

STRATEGI PEMASARAN BERAS (Oryza sativa, L.) ORGANIK PADA KELOMPOK TANI SRI MAKMUR III DI DESA KRASAK KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Faktor internal dan eksternal apa saja yang dapat menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pemasaran beras organik. dan 2) Alternatif dan prioritas strategi pemasaran bagi petani beras organik di Kelompok Tani Sri Makmur III  Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu. Metode Penelitian ini yaitu survey deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu anggota kelompok tani Sri Makmur III yang berjumlah 80 orang Sedangkan sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive didasarkan pada pertimbangan bahwa dari anggota 80 orang baru 15 orang anggota kelompok tani Sri Makmur III yang menerapkan pertanian organik. Teknik penentuan responden dengan menggunakan sensus. Jenis data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan menggunakan kuesioner, dan studi kepustakaan. Berdasarkan analisis SWOT maka diperoleh strategi pemasaran beras organik di Kelompok Sri Makmur III Desa Krasak yang terletak pada kuadran 1 yaitu Strengths Opportunities (SO) atau mendukung strategi agresif. Adapun prioritas strategi pemasaran yang harus dilakukan oleh Kelompok Sri Makmur III dalam memasarkan beras organic adalah Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempromosikan beras organik, menginformasikan manfaat dan keunggulan dari beras organik dan mendapatkan informasi pasar dengan memanfaat media sosial dan media digital lainnya.

 

Kata Kunci:  Strategi, Pemasaran, Beras Organik, Produk, SWOT

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Subikha, I. ., Santoso, T. I. ., & Karto, K. (2022). Strategi Pemasaran Beras (Oryza sativa, L.) Organik Pada Kelompok Tani Sri Makmur III di Desa Krasak Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Agri Wiralodra, 14(1), 16–25. https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v14i1.45

Most read articles by the same author(s)