Prospek dan Nilai Tambah Pengolahan Mangga (mangifera indica, l.) Varietas Gedong Gincu Menjadi Kerupuk Pada Home Industri Di Kabupaten Indramayu

  • Sulayman Rivai 3Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra,
  • Entus Hikmana 3Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra,
  • Karto Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra
Keywords: Home industri libna food, Nilai tambah, Kerupuk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa nilai tambah pengolahan mangga (Mangifera indica, L.) Varietas Gedong Gincu menjadi kerupuk secara rinci untuk mengetahui (1) besarnya nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan buah mangga menjadi kerupuk pada home Industri Libna Food (2) mengetahui rasio nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan buah mangga menjadi kerupuk pada home Industri Libna Food.

Metode yang digunakan adalah metode survai, dan menggunakan desain survai deskriptif. Untuk penelitian ini tidak di lakukan pengambilan sampel dari populasi karena populasi home industrikerupuk dengan bahan baku mangga hanya satu orang, yaitu Home industry Libna Food satu satunya Home industry yang memproduksi kerupuk mangga berada di Desa Jatisura Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan hasil penelitian ini usaha pengolahan kerupuk mangga di Home industry Libna Food Desa Jatisura Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu Tahun 2018.Home industry Libna Food  memproduksi kerupuk mangga dengan 1 kemasan, yaitu kemasan yang berisi 250 gram.  Dengan nilai tambahnya Rp.10.408   untuk kemasan 250 gram dengan rasio nilai tambahnya sebesar 41.63% dalam satu kali proses produksi.

Published
2021-09-30
How to Cite
Rivai, S., Hikmana, E., & Karto, K. (2021). Prospek dan Nilai Tambah Pengolahan Mangga (mangifera indica, l.) Varietas Gedong Gincu Menjadi Kerupuk Pada Home Industri Di Kabupaten Indramayu . Agri Wiralodra, 13(2), 45-53. https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v13i2.38