Strategi Pengembangan Pada Bintang Bakery
DOI:
https://doi.org/10.31943/agriwiralodra.v16i2.66Keywords:
Kata kunci: Strategi pengembangan; analisis SWOT; QSPMAbstract
Penelitian ini dilakukan pada usaha Bakery di Bintang Bakery Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui posisi Bintang Bakery jika diidentifikasi menggunakan matriks analisis SWOT; (2) Mengetahui prioritas strategi pengembangan yang tepat dalam pengembangan usaha Bintang Bakery. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan latar belakang informan yang memiliki pengetahuan mengenai Bintang Bakery dan berusia 17 tahun keatas. Berdasarkan hasil penelitian, nilai analisis matriks IFAS dan EFAS yaitu 1,032 dan 0,485 sehingga dapat diketahui posisi Bintang Bakery berada pada kuadran I. Strategi yang diterapkan pada kuadran ini yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dan menghasilkan 8 strategi pada analisis matriks SWOT. Data dianalisis menggunakan matriks QSPM untuk mengetahui urutan prioritas strategi. Hasil analisis matriks QSPM didapatkan prioritas strategi pengembangan pada Bintang Bakery yaitu meningkatkan mutu produk dengan melakukan inovasi pada jenis, tekstur, rasa, dan kemasan roti dengan nilai TAS sebesar 5,203.
 
						 
							







